Animated Spinning Kunai - Naruto Kelebihan dan Kekurangan Root pada Android ~ CHILBOCIL
Chilbocil.blogspot.co.id

Monday, December 26, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Root pada Android

Bagi yang memiliki atau yang menggunakan smartphone Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Root atau Rooting. Apalagi bagi kalian yang gemar mengotak-atik smartphone android. 

Root adalah suatu system account yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan akses penuh terhadap perangkat tersebut. Dengan melakukan Root pada perangkat android, kita bisa dengan leluasa mengurangi ataupun memodifikasi file-file yang ada pada android sebelum di Root (keadaan standar)

Sebelum melakukan Root android, lebih baik mengetahui lebih dulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Root sendiri. Karena banyak sekali kelebihan dan kekurangan terebut yang belum diketahui. Berikut kelebihan dan kekurangan dari Rooting android.


Kelebihan
  • Menghapus aplikasi bawaan pabrik 
 Smartphone android pada umumnya memiliki aplikasi bawaan dari pabrik yang pastinya sangat jarang digunakan karena tidak terlalu berguna. Ditambah lagi aplikasi ini tidak bisa kita hapus. Akhirnya hanya memenuhi kapasitas penyimpanan saja. Tetapi dengan android yang sudah di Root, kita bisa dengan leluasa menghapus aplikasi bawaan tersebut. Sehingga penyimpanan kini terasa lebih lega dan kinerja android lebih cepat.
  • Membuat baterai jadi lebih awet


Dengan akses Root, kita bisa membuat baterai smartphone kita jadi tahan lebih lama. Salah satu caranya dengan mengkalibrasi baterai menggunakan aplikasi Battery Calibration. Cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan menghapus file "batterystats.bin" pada sistem

  • Full Kustomisasi
 Dengan akses Root, pengguna bisa melakukan full kustomisasi seperti tampilan launcher dan font.
Lebih expert lagi, pengguna bisa menukar firmware ponsel dengan ponsel lainnya yan biasanya disebut Custom ROM. Misalnya kita bisa memiliki ponsel Samsung didalam casing Evercoss.
  • Memindahkan aplikasi ke SD card

Kelebihan lainnya yaitu hak untuk memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke penyimpanan SD Card. Mungkin sebelum melakukan Root, saat memindahkan aplikasi terkadang muncul kata "Failure/Failed". Tetapi, setelah di Root, hal ini tidak akan terjadi lagi saat memindahkan aplikasi karena kita sudah mendapatkan hak penuh. Untuk melakukan ini kita perlu aplikasi Link2SD atau Gemini App Manager.
  • Memblokir iklan
Terkadang kita suka dibuat kesal dengan adanya iklan di website, atau bahkan kadang suka muncul begitu saja di tampilan android kita. Jangan khawatir, setelah mendapatkan akses Root, kita bisa memblokir iklan-iklan yang muncul, baik di website ataupun di tampilan android. 
Kekurangan
  • Hilangnya garansi 
Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan Root. Sebagai konsekuensinya, hilangnya garansi resmi dari produsen android walaupun masa garansinya belum habis. Sehingga apabila terjadi error atau kerusakan ada android, pihak produsen tidak bertanggung jawab atas kerusakan tersebut.
  • Keamanan pada android
Melakukan Root ibarat memecat semua satpam pada android kita. Sehingga android jadi lebih rentan terserang malware. Namun, hal ini dapat disiasati dengan cara tidak mendownload konten sembarangan dari tempat yang  tidak dipercaya.
  • Hilangnya Update
Selain kehilangan garansi, android juga akan menghilangkan feature update OTA (Over The Air).  Hal ini menyebabkan kita tidak dapat memperbarui versi android secara otomatis, melainkan harus mengupdate secara manual.
  • Kerusakan sistem, error, bootlop, softbrick, dan hardbrick
Jika terdapat kesalahan atau kegagalan dalam melakukan Root android, maka ponsel android bisa saja terkena bootlop, tidak dapat masuk ke sistem, atau bahkan mati total. Kegagalan Root android juga bisa merusak komponen atau hardware android. Inilah salah satu resiko terbesar saat melakukan Root android.
 
 
Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan dari Root android. Jadi, sebelum melakukan Root, ada baiknya dipikirkan secara matang terlebih dahulu.

0 comments :

Post a Comment