Animated Spinning Kunai - Naruto Pengertian,Penggunaan,dan Jenis-jenis Perangkat Mobile ~ CHILBOCIL
Chilbocil.blogspot.co.id

Wednesday, December 14, 2016

Pengertian,Penggunaan,dan Jenis-jenis Perangkat Mobile



1.Pengertian Perangkat Mobile
Anda pasti sudah mengenal apa yang disebut dengan handphone. Ya, handphone atau telepon genggam atau ponsel merupakan salah satu jenis dari perangkat mobile yang sudah sangat umum terdengar. Penggunaan ponsel sendiri sudah sangat fenomenal di dunia telekomunikasi. Bahkan di Indonesia sendiri, dari anak SD hingga orang yang sudah lanjut usia sekalipun telah akrab dengan penggunaan perangkat mobile yang satu ini. Sehingga wajar saja jika kita sudah tidak asing lagi dengan kata handphone atau ponsel.
Secara bahasa, istilah “mobile” berarti sebagai sesuatu yang bergerak, sesuatu yang mudah dibawa kemana-mana. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa perangkat mobile adalah alat komunikasi yang dapat dibawa kemana-mana.

2. Penggunaan Umum Perangkat Mobile
Untuk penggunaan perangkat mobile, kita dapat klasifikasikan ke dalam beberapa macam penggunaan yang umum digunakan oleh perangkat mobile. Beberapa macam penggunaan tersebut antara lain:

1.     Telepon dan messaging (SMS)
Penggunaan ini sebenarnya merupakan fungsi dasar dan awal dari diciptakannya perangkat mobile. Karena memang fungsinya adalah sebagai alat komunikasi, sehingga cukup dengan penggunaan voice dan layanan pesan (Short Message Service), kita bisa berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain.

2.     Multimedia dan Game
Merupakan penggunaan tambahan dari sisi hiburan (entertainment) yang ditunjukkan bagi pengguna perangkat mobile. Sekarang, fasilitas multimedia sudah sangat umum dijumpai pada perangkat mobile. Fitur-fitur seperti radio,mp3 player, sampai video player adalah beberapa contoh penggunaan multimedia yang sekarang banyak dijumpai pada perangkat mobile. Tak kalah pentingnya, game juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perangkat mobile saat ini. Rasanya hamper semua perangkat mobile memiliki game yang sudah terinstall didalamnya.

3.     Internet Browsing
Dengan adanya fasilitas ini, sangat memungkinkan bagi kita mengakses internet dengan sangat mudah dimanapun dan kapanpun. Hal ini sudah menjadi kebutuhan dasar untuk penggunaan perangkat mobile.

4.     Kamera
Ada tidaknya fitur kamera digital nampaknya saat ini telah menjadi salah satu kriteria gadgeters dalam memilih perangkat mobile.

5.     Pertukaran Data
Kapasitas memori yang semakin besar dapat memungkinkan pengguna perangkat mobile untuk melakukan penyimpanan data dalam jumlah besar. Dengan adanya fitur pertukaran data seperti bluetooth, infrared, MMS (Multimedia Message Service), dan sebagainya memungkinkan pengguna untuk saling bertukar data.

6.     Transaksi Mobile
Kemudahan dalam bertransaksi kini dapat dilakukan secara online via perangkat mobile. Pengguna dapat melakukan transaksi melalui SMS banking, atau mobile banking.

7.     Penggunaan Lainnya
Serta penggunaan lainnya yang menjadikan penggunaan perangkat mobile telah begitu membudaya dikalangan masyarakat. Sebagai contoh, penggunaan perangkat  mobile untuk memenuhi hasrat style hidup tak kalah pentingnya bagi sebagian orang.

3. Jenis-jenis Perangkat Mobile
1.     Handphone atau Telephone Seluler (Ponsel)
Ponsel berfungsi dasar sebagai alat telekomunikasi voice. Sehingga fitur-fitur umum yang ada biasanya hanya mengutamakan fungsi telekomunikasi itu sendiri. Sebagai contoh, karakterisktik utama yang ada pada tampilan ponsel biasanya selalu terdapat akses cepat untuk dial nomor telepon dan SMS. Ditambah lagi dengan adanya dukungan dari operator seluler, khususnya di Indonesia, semakin menguatkan karakteristik handheld jenis ini.

2.     Smartphone
Hampir sama dengan ponsel, Smartphone juga berorientasi ke arah telekomunikasi. Dari namanya kita sudah tau bahwa smartphone adalah perangkat untuk telepon. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan dengan ponsel. Selain ditunjukkan untuk telekomunikasi, Smartphone juga memiliki fungsi yang mirip dengan PC yang bersifat mobile.

3.     Personal Digital Assistant (PDA)
Agak berbeda dengan ponsel dan smartphone, PDA mempunyai orientasi terbalik. Jika kedua handheld tadi berfungsi utama sebagai telekomunikasi, Handheld ini ditunjukkan sebagai PC yang bersifat mobile. Sedangkan fungsi telekomunikasinya hanya sebagai fitur tambahan.


4.     Pager (Radio Panggil)
Perangkat yang terakhir ini sepertinya sudah tidak lazim digunakan pada masa sekarang. Fungsinya hanya sebatas pada layanan pesan saja, membuatnya kalah saing dengan kelompok handheld lainnya. Handheld n=ini pernah banyak digunakan di Indonesia pada sekitar tahun 1996-1998, lalu kemudian tidak digunakan lagi.


0 comments :

Post a Comment