Animated Spinning Kunai - Naruto Perbedaan Smartphone dengan Ponsel Biasa ~ CHILBOCIL
Chilbocil.blogspot.co.id

Sunday, December 18, 2016

Perbedaan Smartphone dengan Ponsel Biasa

Saat ini, istilah smartphone sudah tidak asing lagi ditelinga kita . Karena beberapa fitur-fitur canggihnya-lah, smarthone kini lebih diminati oleh pengguna telepon genggam. Baik di Indonesia sendiri, maupun di mancanegara. Namun, mungkin diantara mereka masih ada yang bingung dengan perbedaan antara HANDPHONE dan SMARTPHONE.


Dahulu, masyrakat hanya mengenal ponsel biasa, seperti seri Nokia pada tahun 2000-an, kemudian muncul Motorola dan diikuti Samsung dan juga Siemens. Saat ini teknologi ponsel seperti itu sudah tergantikan dengan adanya smartphone yang memiliki teknologi jauh lebih tinggi. Tak heran apabila kini masyarakat kita lebih memilih untuk beralih dari ponsel biasa ke smartphone.


Sebelum adanya smartphone, awalnya terdapat dua jenis ponsel. Yakni ponsel biasa yang kita kenal dan PDA (Personal Digital Assistant).


Jika pada ponsel biasa (handphone), fiturnya sangatlah terbatas. Karena ponsel seperti ini memang didesign dengan fitur utamanya hanyalah untuk berkomunikasi dengan mengirim pesan singkat (SMS) atau telepon. Dengan fitur yang hanya seperti ini, ponsel ini hanya memerlukan daya yang sangat sedikit dibandingkan dengan smartphone.


Lalu pada Personal Digital Assistant (PDA) fitur utamanya bukanlah untuk komunikasi, melainkan untuk menyimpan kontak, mencatat agenda harian, membuat dokumen dan dapat disinkroninasi dengan komputer. karena hal tersebut, PDA juga disebut sebagai komputer mini.


Namun, seiring perkembangan zaman, terciptalah perangkat dengan fitur gabungan antara ponsel biasa dengan PDA.  Perkembangan ini lantas menciptakan teknologi baru yang biasa kita sebut dengan smartphone.

  • Ponsel Biasa

Ponsel biasa atau biasa disebut handphone ialah ponsel dengan fitur yang sangat terbatas. Karena fungsi utamanya hanyalah untuk menelpon dan mengirim pesan singkat (SMS). Karena itulah penggunaan daya pada ponsel ini sangat kecil jika dibandingkan dengan smartphone. Karena keterbatasan fitur inilah handphone mulai ditinggalkan masyarakat di era saat ini.


  • Smartphone

Smartphone atau ponsel pintar ini adalah ponsel dengan fitur yang bermacam-macam. Fitur utamanya tidak hanya untuk menelpon dan mengirim pesan, melainkan ada fitur lain yang dapat digunakan. Seperti fitur untuk membuat dokumen, browsing, bermain game, bahkan ada beberapa model yang dapat digunakan untuk presentasi. Inilah daya tarik yang membuat masyarakat lebih memilih Smartphone ketimbang memilih handphone.


Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan utama ponsel biasa (handphone) dengan smartphone ialah terletak pada kecanggihan teknologi serta fitur-fitur yang tersedia di perangkat tersebut.

0 comments :

Post a Comment